Rumus dan Diagram Pada Microsoft Excel
Assalammu'alaikum Wr. Wb...
Baiklah pada kesempatan kali ini seperti biasanya saya akan memberikan semua gimana sih cara membuat rumus dan diagram pada Microsoft Excel 2019. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua :)
- Bagian dari menu formulas pada Microsoft excel
Ø Function
Library
Secara umum menu-menu
pada function library berfungsi untuk memasukkan formula atau rumus ke dalam
lembar kerja.
a) Insert
Function
Memasukkan
fungsi formula atau rumus ke dalam cell
b) Autosum
Perhitungan cepat seperti
SUM (penjumlahan), AVARAGE (rata-rata), MAX (nilai terbesar), MIN (nilai
terkecil), dan COUNT (total angka/nilai)
c) Recently
Used
Melihat atau menggunakan
formula yang pernah atau sering digunakan
d) Financial
Memasukkan fungsi formula
yang berkaitan dengan keuangan
e) Logical
Memasukkan fungsi formula
yang berkaitan dengan logika, contoh IF (jika)
f) Text
Memasukan fungsi formula
yang berkaitan dengan text
g) Date
& Time
Memasukkan fungsi formula
yang berkaitan dengan waktu
h) Lookup
& Reference
Memasukkan fungsi formula
yang berkaitan dengan lookup (melihat database) dan referensi
i) Math
& Trig
Memasukkan fungsi formula
yang berkaitan dengan matematika dan trigonometry
j) More
Functions
Memasukkan fungsi formula atau rumus
yang lain sesuai kebutuhan
1. Cara
menjumlahan pada data nilai
Pada
menu Formulas pilih Autosum > Sum, lalu akan terblok semua nilai dari Mata
kuliah. Agar jumlah nilai dibawahnya juga terisi, kita cukup tarik jumlah nilai
yang pertama kebawah maka akan otomatis hasil data selanjutnya akan terisi
2. Cara
membuat rata-rata pada data nilai
Pada
menu Formulas pilih Autosum > Avarage, lalu akan terblok semua nilai dari Mata
kuliah. Agar nilai rata-rata dibawahnya juga terisi, kita cukup tarik hasil rata-rata
yang pertama kebawah maka akan otomatis hasil data selanjutnya akan terisi
3. Cara
membuat Min pada data nilai
Klik
Autosum > Min, lalu akan terblok semua nilai dari Mata kuliah secara otomatis
> enter. Agar nilai rata-rata dibawahnya juga terisi, kita cukup tarik hasil
rata-rata yang pertama kebawah maka akan otomatis hasil data selanjutnya akan
terisi
4. Cara
membuat Max pada data nilai
Klik
Autosum > Max,. lalu akan terblok semua nilai dari Mata kuliah secara otomatis
> enter. Agar nilai rata-rata dibawahnya juga terisi, kita cukup tarik hasil
rata-rata yang pertama kebawah maka akan otomatis hasil data selanjutnya akan
terisi
5. Cara
membuat rata-rata kaudrat
Klik
pada kolom angka yang ingin dipangkatkan, lalu ketikan rumus tersebut pada
kolom “ =M4^2 “
6. Cara
membuat IF
Ketikan
rumus dibawah pada kolom yang akan dibuat IF
“
=IF(M4>80;”A”;IF(M4>70;”B”;IF(M4>60;”C”;IF(M4>50;”D”;IF(M4>40;”E”)))))
“
7. Cara
membuat VLOOKUP
Terlebih
dahulu buatlah data membentuk kebawah setelah itu, ketikan rumus dibawah pada
kolom yang akan dibuat VLOOKUP
“ =VLOOKUP(M4;$T5:$V9;3) “
8. Cara
membuat HLOOKUP
Terlebih
dahulu buatlah data membentuk ke samping setelah itu, ketikan rumus dibawah
pada kolom yang akan dibuat HLOOKUP
“ =HLOOKUP(M5;$G7:$K9;3) “
9. Cara
membuat diagram data nilai
Buat
data yang akan dibuat diagramnya > setelah itu blok pada bagian data nilai tersebut,
lalu pilih Insert > Insert Pie or Doughnut Chart
3. Pemahaman sendiri
Komentar
Posting Komentar