Rumus dan Diagram Pada Microsoft Excel


Rumus dan Diagram Pada Microsoft Excel


Assalammu'alaikum Wr. Wb...
   Baiklah pada kesempatan kali ini seperti biasanya saya akan memberikan semua gimana sih cara membuat rumus dan diagram pada Microsoft Excel 2019. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua :)


  •    Bagian dari menu formulas pada Microsoft excel


Ø  Function Library
Secara umum menu-menu pada function library berfungsi untuk memasukkan formula atau rumus ke dalam lembar kerja.
a)    Insert Function
     Memasukkan fungsi formula atau rumus ke dalam cell
b)   Autosum
Perhitungan cepat seperti SUM (penjumlahan), AVARAGE (rata-rata), MAX (nilai terbesar), MIN (nilai terkecil), dan COUNT (total angka/nilai)
c)    Recently Used
Melihat atau menggunakan formula yang pernah atau sering digunakan
d)   Financial
Memasukkan fungsi formula yang berkaitan dengan keuangan
e)    Logical
Memasukkan fungsi formula yang berkaitan dengan logika, contoh IF (jika)
f)    Text
Memasukan fungsi formula yang berkaitan dengan text
g)   Date & Time
Memasukkan fungsi formula yang berkaitan dengan waktu
h)   Lookup & Reference
Memasukkan fungsi formula yang berkaitan dengan lookup (melihat database) dan referensi
i)     Math & Trig
Memasukkan fungsi formula yang berkaitan dengan matematika dan trigonometry
j)     More Functions
Memasukkan fungsi formula atau rumus yang lain sesuai kebutuhan

1.      Cara menjumlahan pada data nilai
Pada menu Formulas pilih Autosum > Sum, lalu akan terblok semua nilai dari Mata kuliah. Agar jumlah nilai dibawahnya juga terisi, kita cukup tarik jumlah nilai yang pertama kebawah maka akan otomatis hasil data selanjutnya akan terisi



2.      Cara membuat rata-rata pada data nilai
Pada menu Formulas pilih Autosum > Avarage, lalu akan terblok semua nilai dari Mata kuliah. Agar nilai rata-rata dibawahnya juga terisi, kita cukup tarik hasil rata-rata yang pertama kebawah maka akan otomatis hasil data selanjutnya akan terisi



3.      Cara membuat Min pada data nilai
Klik Autosum > Min, lalu akan terblok semua nilai dari Mata kuliah secara otomatis > enter. Agar nilai rata-rata dibawahnya juga terisi, kita cukup tarik hasil rata-rata yang pertama kebawah maka akan otomatis hasil data selanjutnya akan terisi



4.      Cara membuat Max pada data nilai
Klik Autosum > Max,. lalu akan terblok semua nilai dari Mata kuliah secara otomatis > enter. Agar nilai rata-rata dibawahnya juga terisi, kita cukup tarik hasil rata-rata yang pertama kebawah maka akan otomatis hasil data selanjutnya akan terisi



5.      Cara membuat rata-rata kaudrat
Klik pada kolom angka yang ingin dipangkatkan, lalu ketikan rumus tersebut pada kolom “ =M4^2 “


6.      Cara membuat IF
Ketikan rumus dibawah pada kolom yang akan dibuat IF
“ =IF(M4>80;”A”;IF(M4>70;”B”;IF(M4>60;”C”;IF(M4>50;”D”;IF(M4>40;”E”))))) “



7.      Cara membuat VLOOKUP
Terlebih dahulu buatlah data membentuk kebawah setelah itu, ketikan rumus dibawah pada kolom yang akan dibuat VLOOKUP
“ =VLOOKUP(M4;$T5:$V9;3)  “


8.      Cara membuat HLOOKUP
Terlebih dahulu buatlah data membentuk ke samping setelah itu, ketikan rumus dibawah pada kolom yang akan dibuat HLOOKUP
“ =HLOOKUP(M5;$G7:$K9;3) “


9.      Cara membuat diagram data nilai
Buat data yang akan dibuat diagramnya > setelah itu blok pada bagian data nilai tersebut, lalu pilih Insert > Insert Pie or Doughnut Chart



                 3. Pemahaman sendiri


Komentar