PENGENALAN DAN PENGGUNAAN MICROSOFT WORD 2016
Pengertian Microsoft Word
Microsoft
Word adalah sebuah perangkat lunak atau program aplikasi pengolah data
berupa huruf atau angka yang dipergunakan untuk keperluan bisnis,
pekerjaan, pembuatan laporan, pembuatan dokumen, makalah, skripsi atau
hal lain yang berkaitan dengan tulis menulis yang dikembangkan oleh
Perusaan Microsoft.
Fungsi Microsoft Word
Fungsi dari microsoft word antara lain :
- Untuk membuat dokumen dengan cepat dan tepat.
- Untuk membuat dokumen yang dapat dicetak (print).
- Untuk membuat surat-menyurat dalam urusan resmi maupun tidak resmi.
- Untuk membuat variasi bentuk tulisan agar lebih menarik.
- Untuk membuat keperluan tipografi penulisan.
- Untuk menyimpan dokumen dalam format tertentu dengan ukuran kecil.
Manfaat Microsoft Word
Berikut manfaat dari microsoft word adalah :
- Mempermudah pelaksanaan kerja dalam urusan administrasi dan pengolahan kata.
- Menghemat waktu dan tenaga.
- Menghemat kertas dan biaya.
- Meminimalisir tingkat kesalahan dalam penulisan.
- Mempercepat penyelesaian kerja karena lebih efisien.
Keunggulan Microsoft Word
Keunggulan dari Microsoft Word adalah :
- Dapat menyimpan dokumen dan dapat dibuka kapan saja.
- Dapat menyimpan dokumen dengan beragam format sesuai kebutuhan.
- Ukuran dokumen bila tersimpan relatif kecil sehingga tidak banyak memakan ruang penyimpanan.
- Tersedia banyak template yang bebas digunakan.
- Terkoneksi dengan SkyDrive.
- Adanya variasi gaya tulisan yang sangat menarik.
- Tersedia tampilan reading view dan print view.
- Terdapat fitur untuk memasukkan gambar dan clipart.
- Tersedia pengaturan tulisan tentang jarak, ukuran, warna, dan sebagainya.
- Adanya fitur find dan replace untuk memudahkan mencari kata.
- Tersedia fitur bullet dan numbering yang mempermudah membuat poin penting dokumen.
- Fitur-fitur lainnya juga sangat memungkinkan untuk mempermudah penyelesaian kerja.
Kekurangan Microsoft Word
Kekurangan dari Microsoft Word adalah :
- Ukuran untuk installer (penginstallan) cukup besar.
- Merupakan program aplikasi berbayar.
pada kesempakatan kali ini saya akan memperkenalkan Ms.Word kepada teman-teman semua. Pasti diantara kalian banyak ga tau ya apa aja sih perkembangan Ms. Word 2016 apakah ada perubahan apa tidak ya???? Yuk mari di sini lah saya akan memperkenalkan Ms.Word 2016 semoga teman-teman bisa mengambil manfaat dan ilmu 😊😊
→→ Ms. Word 2016
o Microsoft Word 2016 adalah program aplikasi pengolahan kata / dokumen versi terbaru yang termasuk kedalam Ms.Office 2016.
o Ms. Word 2016 mempunyai tampilan User Interface (UI) baru, yang mengganti menu, toolbars dll
o Istilah yang dipakai dalam mengoperasikan Ms.Word 2016
(a) Shortcut : merupakan kombinasi dari beberapa tombol tertentu
(b) Toolbar : merupakan perintah-perintah yang sudah ditampilkan pada grub terpisah
(c) Ruller Margin : mengatur batas kiri dan batas kanan suatu halaman.
Pada bagian ruler ada indent yang berfungsi untuk mengatur alenia pada pengetikan.
Indent terbagi 3 yaitu :
ü First Line Indent
ü Hangging Indent
ü Left Indent
ü Right Indent
o fungsi nya :
* pengetikan dan penyusunan naskah biasa, laporan, surat kabar, dan fax.
Komponen dasar yang terdapat dapa Ms. Word 2016
1) Menu yang terdapat pada tab ribbon File
· Info
Informasi mengenai file yang sedang diolah ditampilkan melalui halaman info
· New
Lembar kerja baru pada Ms.word 2016
· Open
Menu untuk membuka file
· Save As
Menyimpan file dengan nama file lain
· Print
Halaman print pada Backstage digunakan untuk mengatur proses cetak dokumen
· Share
· Export
2) Menu yang terdapat pada tab ribbon home
format yang dapat dilakukan pada charcter adalah mengubah charcter, menentukan ukuran charcter, mengubah warna charcter, mengubah style charter, memberikan efek pencetakan seperti cetak tebal, miring, garing bawah, efek coret dan sebagainya.
Clipboard :
ü Cut : untuk memindahkan / memotong objek yang dipilih
ü Copy : untuk menyalin teks/objek yang dipilih tanpa menghapusnya
ü Format painter : untuk membuka navigation pane yang berisi paste all dan clear all
ü Paste : untuk menempatkan objek atau teks yang dicopy atau di cut pada posisi yang diinginkan
Font :
ü Font : memilih bentuk font
ü Font Style : terdiri dari Regular, Italic, Bold, dan Bold Italic
ü Size : Ukuran teks sesuai keinginan
ü Font Colour : menentukan warna font
ü Underline Style : bentuk garis bawah teks
ü Effects : menentukan efek pencetakan
Paragraph :
ü Aligment : left, centered, right, justified
ü Line Spacing : spasi antar baris
ü Shading : untuk mengganti warna background dari barisan yang ingin ditulis
ü Border & Shading : untuk memberi garis suatu tulisan atau membuat table pada text atau objek yang sudah dipilih
ü Tool Tip Paragraph : berisikan indent, spasi, line dan lain-lain
Styles :
ü Style : untuk mengunah tema penulisan atau bentuk penulisan.
Editing :
ü Find : untuk mencari kata atau kalimat yang ada file dokumen
ü Replace : untuk mengganti kata / kalimat yang sudah dipilih dengan kalimat baru
3) Menu yang terdapat pada tab ribbon Insert :
Pages :
ü Cover Pages : untuk mengganti tema dari halaman depan
ü Blank Page : untuk menambah halamn baru berupa halaman kosong
ü Page Break : membuat halaman baru dengan posisi pengetikan sama dengan sekarang
Tables :
ü Membuat tabel pada lembar kerja yang berisi dengan data teks, angka, gabungan teks dan angka, rumus serta gambar.
Terdiri atas kolom dan baris.Perpotongan baris dan kolom disebut dengan sel (Cell).
Illustration :
ü Picture : untuk menambahkan objek berupa gambar dari computer kedalam file dokumen
ü Clip Art : untuk menambahkan gambar ke file dokumen
ü Shape : Objek yang memiliki bentuk tertentu. Seperti gambar kubus atau panah, dll
ü SmartArt : untuk menggambarkan suatu konsep tertentu seperti proses kerja, siklus, hirarki, atau hubungan
ü Chart : untuk menyajikan data dalam bentuk gambar statistika
Links :
ü Hyperlink merupakan tautan yang menghubungkan satu titik dalam dokumen ke titik lain
ü Bookmart sebagai penanda pada suatu konten dokumen yang dipaling bawah kertas dengan beberapa tema tampilan
ü Page Number untuk membuat penomoran halaman
Header & Footer
ü Header hamper : sepert judul yang berda paling atas dikertas
ü Footer : untuk membuat tulisan yang berada di bawak kertas
ü Page Number : untuk membuat penomoran halaman
Text :
ü Text Box : untuk membuat text di dalam kotak
ü Quick Parts
ü WordArt : untuk mengganti tampilan dari tulisan
ü Drop Cap : untuk menjadikann huruf diawal kalimat/paragraph menjadi besar
ü Date & Time : untuk penambahan waktu kedalam teks dengan format yang berbeda-beda
ü Object : untuk menambahkan suatu file ataupun teks kedalam barisan pengetikan, baik itu gambar, video maupun dokumen
Symbols :
ü Equation : untuk menambahkan bermacam-macam rumus kedalam teks
ü Symbol : untuk menambahkan bermacam symbol yang tidak ada pada keyboard
4) Menu yang terdapat pada tab ribbon Design :
5) Menu yang terdapat pada tab ribbon Page Layout :
Page Setup :
ü Margin : untuk mengatur batas penulisan pada tepi kiri, kanan, atas, bawah
ü Orientation : untuk memilih posisi kertas yang digunakan
ü Size : untuk mengatur ukuran kertas yang digunakan pada file dokumen
ü Colums : untuk menjadikan teks yang telah dipilih menjadi tulisan di kolom
ü Breaks: untuk menentukan perpindahan halaman pengetikan
ü Line Numbers : untuk menomori baris
ü Hyphenation : untuk memisah kalimat yang berada pada batas akir pengetikan dengan tanda(-)
Paragraph:
ü Indent Left : Pengaturan jarak penulisan dari sebelah kiri
ü Indent Right : Pengaturan jarak akir penulisan disebelah kanan
ü Spaciing Before : Jarak antar suatu paragraf dengan paragraf sebelumnya
ü Spacing After : Jarak antar suatu paragraf dengan paragraf sesudahnya
Arrage :
ü Position : untuk pengaturan objek gambar
ü Bring to front : untuk menggeser objek gambar ke paling depan/ atas dari tulisan
ü Send to Back : Untuk menggeser gambar ke belakang tulisan
ü Text Wrapping : untuk menggeser tulisan
ü Rotate : untuk mengganti rotasi gambar (memutar posisi gambar)
6) Menu yang terdapat pada tab ribbon References :
7) Menu yang terdapat pada tab ribbon Mailings :
8) Menu yang terdapat pada tab ribbon view :
Memberi halaman pada Ms. Word
- Klik dua kali lembaran Ms. Word.
- Lalu klik pagenumber, pilih bottom of page pilih salah satu yang akan dipilih.
- Setelah itu klik break→→ page pada layout, pada halaman pertama dan sampai halaman kedua tukar menjadi 1.
- Pilih gambar pada insert.
- Kemudian pilih insert caption pada references untuk memberikan nama pada bawah gambar.
- Setelah itu ubahlah caption menjadi gambar 1 tekan ok.
Teman-teman sudahkah tau kan apa aja penampilan Ms. Word 2016. Menurut pendapatkan kalian apakah bagus penampilan Ms. Word 2016 dengan Ms. Word sebelumnya??? 😉😉
Terima kasih telah membaca blog saya semoga apa yang kalian baca dari blog saya ini mudah-mudahan kalian bisa mendapatkan pelajaranya :)
Referensi
Hidayatullah, Taufiq. 2007. Petunjuk Lengkap Belajar dan Meguasai Ms.office Enterprise 2007. Surabaya: Indah (hal 1-45)
Kurniawa, Yahya. Belajar Sendiri Microsoft Office Word 2010. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. (hal 1-10)
Oxcy. 2007. Menikmati Kecanggihan Ms.Word. Surabaya : Indah (hal 1-40)
https://www.sumberpengertian.id/pengertian-microsoft-word
Komentar
Posting Komentar