Mail Merge & Label

 

Cara Membauat Mail Merge dan Label Undangan Pada Ms. Word

 

Cara membuat Mail Merge:

  1. Buka dokumen Word yang ada, atau buat yang baru.
  2. Dari tab Mailings, klik perintah Start Mail Merge dan pilih Step-by-Step Mail Merge Wizard dari menu drop-down.





      3. Kemudian isilah baigan titik-titik dengan melakukan cara ini, isilah bagia kolom-kolom seperti 
          No. Surat, pimpinan, perusahaan, alamat, telpon, jumlah mahasiswa.


      4. Setelah itu pilih insert merfe field  kemudian pilih No.surat, pemimpin, perusahaan, alamat,
          telepon, dan jumlah mahasiswa dibagian yang titik-titik.


       5. pilih finish  & merge pilih  editing induvidual document untuk bisa melihat bagian titik- 
           titik tersebut dengan menggunakan preview results.

    6. Setelah itu save as simpanlah di document atau dimana saja klik oke.


Cara membuat label pada Ms. Word
  1.  Buka ms. word, pilih Mailings > Start Mail Merge > Labels


     2. kemudian pilih label opsions > lebel vendos.


    3. Pada label details, pilih new label. Dan isi dengan sesuai ukuran. dan pada bagian “page size
        diganti ke custom agar ukuran bisa diganti. Lalu klik OK. 



     
   
    4. Ribbon Mailings > Select Recipients > Use Existing List …



    5. Diberi nama “Data Undangan“, lalu klik Open.



   6. Pada jendela Select Table Anda pilih lagi Sheet lokasi penyimpanan data yang telah diketik di
      Office Excel. Tadi saya menyimpannya pada Sheet 1, maka otomatis disini saya memilih  
      Sheet1$kemudian klik Ok.



 7.  lalu klik pilih Ribbon Mailings > Insert Merge Field > Pilih drop down Nama.



8. Pada layar kerja atau pada kolom label pertama otomatis akan muncul tulisan «Nama». Kemudian
   Anda Enter dan lanjut dengan mengetik kata DI, Enter kembali lalu ulangi langkah diatas namun
   pada drop down silakan pilih Alamat. Hasil akhirnya akan terlihat seperti gambar berikut :


9. Selanjutnya silakan copy seluruh data dari kolom label kesatu dan paste ke kolom label kedua
    sehingga hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut :



10. Kemudian klik pilih Ribbons Mailings > Rules > Next Record. Hasilnya secara otomatis akan
      muncul kata «Next Record» di sebelum kata «Nama».




11. Beginilah hasil nya.






sumber :  https://info-menarik.net/cara-membuat-label-undangan-otomatis-di-word

 

 Begitulah cara melakukan membuat mail merge dan label di Ms. Word...

  Terima kasih para setia pembaca........ 😊😊😊😊😊






Komentar